Menu
0819-1313-1328

4 Cara Menjaga Keistiqomahan Dalam Shalat

Tuesday, April 23rd 2019.

 

4 Cara Menjaga Keistiqomahan Dalam Shalat

Sebagaimana dimaklumi bahwa shalat adalah ibadah yang amat mulia, dan menjadi juru selamat kelak di akhirat. Sehingga banak orang berlomba-lomba meraih kesuksesan di dalamnya, baik kesuksesan secara kualitas maupun kuantitas. Namun dalam kenyataanya, tidak semua orang mampu melewati proses meraih kesukesan tersebut. Ada yang kandas di tengah jalan atau bahkan sejak awal mereka tereliminasi karena adanya malas yang tiba-tiba menghampiri, kesibukan, atau faktor yang lain. Akibatnya, ia akan menunaikan shalat secara bolong-bolong atau paling tidak pada waktu yang telah ditetapkan, atau bahkan bisa sampai pada tingkatan meningglkan tanpa alasan yang dibenarkan.

Jika demikian yang terjadi, maka perlu adanya tindakan yang dapat mengantisipasi hal tersebut. Dan setidaknya ada empat hal yakni sebagai berikut:

Pertama, meluruskan niat kembali. Ya, bagaimanapun niat adalah hal yang menentukan sah atau utamanya suatu ibadah dan karena niat itu pula hasil akhir akan berbuah keberkahan atau kemurkaan, maka dalam menunaikan shalat juga diperlukan niat yang lurus. Yakni semestinya kita niat untuk menunaikan perintah agama, untuk menunjukkan kecintaan kepada Allah, mensyiarakn islam dan untuk kemaslahatan dirinya dalam membentuk kepribadian. Bila hal demikian tercipta, ia akan terdorong untuk stiqomah dalam menjalankan shalatnya, tanpa harus diperintah terlebih dahulu.

Kedua, merenungi kembali kemuliaan kedudukan shalat. Yakni mentadaburi bahwa shalat adalah tiangnya agama yang jika mengaaikannya maka sama saja merobohkan agama itu sendiri, atau bahwa shalat adalah pembentuk karakter pribadi yang jika shalatnya amburadul maka kepribadiannya awut-awutan, dan memahami bahwa shalat adalah juru selamat diakhirat kelak yang jika shalatnya baik, maka akan menenukan baiknya seluruh baiknya ibadah yang lain. Sehingga dengan merenungi hal demikian, diharapkan apai kesemagatan dalam jiwa seseorang akan berkobar kembali dan menyentuh dirinya untuk bisa bergerak dan istiqomah.

Ketiga, memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Bentul, waktu adalah emas berharga. Ia bisa menjadi tahta yang menjujung tinggi derajat seseorang, dan ia juga bisa menjadi pedang yang melukainya. Oleh karena itu, managemen waktu dalam aktivitas keseharian kita menjadi sebuah keharusan. Sebab, bisa jadi wkatu yang berhaga itu akan tekikis sebab datangnya malas atau sakit yang datang tiba-tiba. Dan karena itu, tingkat keistiqomahan shalat menurun bahkan bisa kemungkinan berubah pada mengabaikannya tanpa alasan. Na’udzubillah. Oleh sebab itulah, Nabi senantiasa mengingatkan kita untuk selalu memanfaatkan waktu. Melalui sabdanya, beliau berkata: “ada dua hal yang yang sering dilupakan manusia, yakni sehat dan kesempatan”. Dengan cara ini, diharapkamn bisa itiqomah dalam menjalakan shalat karena waktu terud dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Keempat, memgingat kematian. Nah, inilah cara yang paling ampuh. Artinya, dengan kesadaran kita untuk menngingat datangnya kematian yang amat misterius, maka kita kan selalu merasa waspada dan lebih prefentif dalam beribadah termasuk dalam menjalankan shalat tersebut. Sebab, tentunya kita tidak menginginkan kalau ajal itu tiba, shalat kita masih amburadul aau masih memiliki banyak utang shalat yang belum terbayangkan. Sehingga cukup bagi kita dengan merenungi kematian ini, untuk meningkatkan semangat kita dalam menghamba kepada Allah. “cukuplah dengan kematian, suatu nasihat tercipa”. Demikian kata Nabi.

Semoga kita menjadi hamba yang istiqomah dan terus melaggengkan kesemanatan dalam menjalankan suatu amal ibadah. Dan karenanya, semoga kita mendapatkan balasan yang setimpal dan dapat meraih keselamatan karena shalat yang kita kerjakan untuk menghadi hari putusan di hari kiamat nanti. []

Properti Terbaru

Terbaik
Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

436.217.000
jl.sirojul munir, jatisari, jatiasih, kota bekasi
Lt/Lb : 66 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Rp. 390.000.000
Catur Harjo, Sleman, Kab. Sleman (Barat Polres Sleman)
Lt/Lb : 125 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Murah di Palembang  Granada Regency

Rumah Murah di Palembang Granada Regency

Rp. 241.380.000
Jalan H azhari Via Jl. harapan jaya
Lt/Lb : 60 m2 m² / 30 m2 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Rp.630.000.000
bojong gede bogor
Lt/Lb : 60 m² / 54 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Depok Kavling Jannati Dekat Stasiun Depok Lama PROMO

Perumahan Syariah Depok Kavling Jannati Dekat Stasiun Depok Lama PROMO

499.000.000
Jl. Rawa Geni Depok
Lt/Lb : 54 m² / 55 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Jatisari Village Kota Bekasi

Perumahan Syariah Jatisari Village Kota Bekasi

419.572.800
Jatisari Bekasi Kota
Lt/Lb : 63 m² / 38 m²
Lihat Detail »