Menu
0819-1313-1328

Hubungan Antara Whudu Dan Shalat

Friday, April 26th 2019.

Hubungan Antara Whudu Dan Shalat

Hubungan Antara Whudu Dan Shalat

Tentu, suatu ibadah—khususnya ibadah wajib—-tidak akan sah bila tidak awali dengan wudhu. Karena ia merupakan bagian dari syarat yang mesti dikerjakan dengan sempurna. Begitu pula, dalam shalat bahwa seseorang mesti mengawalinya dengan berwudhu terlebih dahulu. Di samping karena sebagai sayarat dari shalat, wudhu juga memiliki banyak pesan dan nilai yang mesti kita pahami, tepatnya pesan yang tesirat dari dibarengkannya wudhu dengan shalat. Pesan-pesan yang dimaksud adalah:

Pertama, wudhu sebagai simbol kesusian. Ya, karena apa yang dibersihakan dalam itu menghasilkan kesucian, baik suci secara lahir dengan bersihnya najis dan hadats, maupun suci secara batin dengan hilangnya sifat riya, takabur dan dengki dan lain-lain. Sehingga dengan wudhu itulah, ibadah shalat yang dikerjakan semakin baik kualitasnya.

Kedua, wudhu adalah symbol penghoramatan. Betul, layaknya akan bertemu dengan seseorang yang agung, raja umpamanya, tentu kita akan menampilkan sikap penghormatan yang total; mulai dari kerapian, kebersihan dan kesantunan. Begitu pula dalam menyambut Dzat yang paling agung, Allah dalamshalat juga diberlakukan wudhu sebagai media penghoramtan tersebut.Sehingga ibadah shalat yang tengah dikerjakan akan mencapai derajat keskhusyuan, dan padaakhirnya kita bisa bermunajat kepada-Nya dengan penuh khidmah.

Ketiga, wudhu adalah symbol penentu [sahnya] ibadah. Ya, tanpa wudhu suatu ibadah akan dinayatkan tidak sah secara fikih. Mulai dari membaca atau menyentuh al-Qur’an, I’tikaf, shalat hingga umrah dan haji, semuanya harus diawali dengan berwudhu.Karena ibadah yang sah adalah ibadah yang sangat kemungkinan berkesempatan untuk diterima di sisi Allah.Sehingga wudhu adalah jalan atau wahana awal supaya suatu ibadah termasuk shalat dapat dengan mudah termaqbul secara kualitas dan kuantitasnya di sisi-Nya.amin.

Keempat, wudhu adalah symbol pelebur dosa dan kesalahan. Ya, sebagaimana sudah dikatakan di awal, bahwa wudhu adalah symbol kebersihan, maka dengan posisi itu wudhu juga akan membersikan semua dosa berkat sirama air wudhu yang mengalir ke seluruh anggota tubuh,mulai dosa muka, kedua tangan, kepala, telinga dan kaki, semuanya rontok dan gugur. Sehingga seseorang yang dapatg menyempurnakan wudhunya, akan memperoleh keadaan di mana dirinya telah terbebas dari dosa-dosa yang melekat di anggota tubuhnya. Dan ketika menunaikan shalat, semuanya berubah menjadi sebuah rahmat dan ampunan yang menjadikan dirinya penuh dengan keberkahan.

Demikianlah kolerasi antara wudhu dengan shalat.Semoga kita bisa meraih kemanfaatnnya dan menjadi insan yang bermartabat karena sucinya lahir dan batin.amin.

 

Properti Terbaru

Terbaik
Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Rp.375.000.000
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Lt/Lb : 60 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan KPR syariah Jannah Hills Citayam

Perumahan KPR syariah Jannah Hills Citayam

355.000.000
Kp. Rawa, Desa Rawa Panjang, Kec. Bojong Gede, Kab. Bogor
Lt/Lb : 72 m² / 38 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

RP.279.000.000
bekasi dekta tol setu
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Rp. 390.000.000
Catur Harjo, Sleman, Kab. Sleman (Barat Polres Sleman)
Lt/Lb : 125 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

RP. 298.080.000
Jalan H. Bastari masuk sekitar 250 meter Palembang Sumatera Selatan
Lt/Lb : 90 m2 m² / 38 m2 m²
Lihat Detail »