Menu
0819-1313-1328

Ini Shalatku, Itu Shalatmu

Friday, April 26th 2019.

Ini Shalatku, Itu Shalatmu

Shalat sebagai rukun islam, sudah semestinya selalu dijaga dan semakin ditingkatkan kualitas di dalamnya. Namun sayangnya, di zaman sekarang ini, ironisnya ada beberapa orang bahkan kelompok yang justru bertindak sebaliknya. Yakni memang mereka tidak meorobohhkan tiang agama tersebut karena tidak menunaikannya,

terutama kita harus menjaga kesusican dari suatu hadats yg besar bisa mencabut segala amal shalat dlm kondisi bershalat

karna tdk menjaga nya kesucian diri

sangat di perlukanlah terlebih dahulu

 

hanya saja mereka melakukan tindakan-tindakan yang menjadikan agama ini tercitra sebagai wadah perseteruan. Hal itu terlihat dari adanya saling klaim satu sama lain terkait ritual shalat; satu menganggap dirinya paling benar shalatnya, sementara yang lain menyalahkannnya dan mengatakan shalatnya penuh kebid’ahan yang sesat.

Sebenarnya, munculnya saling klaim tersebut di dasari oleh kedangkalan ilmu dan sikap fanatisme yang berlebihan terhadap mazhab yang dianutnya. Tidak hanya itu, hal yang dipersoalkan pun itu seputar masalah khilafiyyah yang tidak perlu disikapi dengan saling ngotot, membenarkan sepihak apalagi sampai menyesatkan yang lain, melainkan cukup dengan toleransi dan kebijaksanaan. Umpannya masalah meletakkan tangan saat takbir; pihak satu menganggap yang paling benar adalah di atas dada. Sementara yang lain justru di atas pusar di bawah dada. Padahal prosedur meletakkan tangan sudah jelas dan semuaya sudah legal. Yakni, boleh meletakan di dada, di atas pusar di bawah dada, di bawah pusar, tepat di hati sebelah kanan, atau sama sekali tidak meletakkan tangan melainkan diam saja menggantung.

Tidak hanya masalah itu saja, masalah megucapkan kata sayyidana dalam tasyahud dan menggerakkan telunjuk saat tasyahud juga menjadi bahan yang dipersoalkan mereka dan sebagai ala untuk menghakimi shalat seseorang. Padahal kedua hal tersbut juga sudah jelas; silakan tidak mengucapkan sayyidina maupun tidak, dan silahkan menggerakkan telujuk atau tidak; masing-masing ada dalilnya. Cukup disikapi dengan bijak tanpa menyalahkan yang lain. Namun yang terjadi di lapangan justru tidak demikian. Satu sama lain saling serang. Padahal urusan hakim menghakimi suatu ibadah itu ada di tangan Allah. Di samping itu, ibadah shalat yang kita kerjakan semat-mata juga didedikasikan hanya untuk-Nya. “sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah semata. Demikian kata al-Qur’an mengingatakn kita. Jadi tidak sepantasnya memaku paling benar.

Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita lebih memikirkan kuliatas shalat kita sendiri dari pada menilai shalat orang lain hingga menghakiminya tanpa pandang bulu. Sudah semesinya kita berlapang dada terhadap setiap perbedaan yang muncul dalam agama ini, karena itu adalah sebuah rahmat yang mejadikan seseorang bisa bersikap dewasa dan bijak dalam memustukan setiap persoalan. Barangkali sudah saatnya kita harus kembali kepada satu kata bijak arab untuk menyudari ini semua, yakni: “mari kita bersinergi dalam kesepakatan dan mari saling bertoleransi dalam perbedaan”.

karna shalat dlm kedaan tdk dgn wudlu (suci)

tentunya bukan hnya sajah sia-sia akan tetapi haram hukum nya

bagi orang tdk punya wudlu (tdk suci)

Ya Allah, jauhkan kami dari sifat kesombongan, curiga dan suudzan. Ya Allah, jadikanlah kami hamba-Mu yang mudah memahami perpedaan dan meraih rahmat karenanya

agar kami senantiasa bertaqwa. Amin. []

 

Properti Terbaru

Terbaik
Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Rp.630.000.000
bojong gede bogor
Lt/Lb : 60 m² / 54 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Bekasi Royal Azzura dekat Tol Bekasi Timur

Perumahan Syariah Bekasi Royal Azzura dekat Tol Bekasi Timur

364000000
Mustikajaya, Kota Bks
Lt/Lb : 60 m² / 38 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Murah di Palembang  Granada Regency

Rumah Murah di Palembang Granada Regency

Rp. 241.380.000
Jalan H azhari Via Jl. harapan jaya
Lt/Lb : 60 m2 m² / 30 m2 m²
Lihat Detail »
Promo
Jual Kavling Murah di Cibinong Bogor

Jual Kavling Murah di Cibinong Bogor

182.000.000
Pabuaran Cibinong Bogor
Lt/Lb : 65 m² / m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Adreena Village Mekarsari Kota Bogor

Perumahan Syariah Adreena Village Mekarsari Kota Bogor

Rp.436.000.000
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Lt/Lb : 72 m² / 42 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Griya Tsurayya Sedayu Yogya Barat

Perumahan Syariah Griya Tsurayya Sedayu Yogya Barat

Rp.379.000.000
Yogyakarta Barat
Lt/Lb : 80 m² / 45 m²
Lihat Detail »