Menu
0819-1313-1328

Pinjam Meminjam

Tuesday, May 23rd 2017.

desain-depan-jannati

Pinjam Meminjam

 

Salah satu transaksi yang bisa dikatakan sedikit “serupa dengan hutang-piutang adalah pinjam Meminjam. ya, dikatakan serupa karena di dalamnya ada unsur permintaan barang baik berupa pinjaman maupun hutang. Sementara perbedaannya adalah kalau hutang biasanya di dasarkan pada kebutuhan di penghutang, sementara dalam pinjam Meminjam didasarkan pada ego tolong menolong. Oleh karyawan itulah, hukum pinjam Meminjam itu diperbolehkan dengan mengambil keumuman ayat berikut ini:

Artinya: “Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong berbuat dosa dan permusuhan.” (Q.S. Al- Maidah: 2). Dan juga menurut hadis Nabi: “Dari Abu Umamah r.a. dari Nabi saw. beliau bersabda: Pinjaman itu harus dikembalikan dan orang yang meminjam adalah yang berutang. Dan utang itu dibayar.” (H.R. At-Turmudzi).

Adapun untuk hukum pinjam Meminjam itu beragam bisa menjadi sunah, bisa menjadi wajib bahkan bisa menjadi haram. Lalu apa saja kriteria-kriteria ketiga itu?. Kriterianya adalah sebagai berikut: pertama, pinjam meminjam adalah Sunnah. Ini adalah hukum asal dari pinjam-meminjam. Suatu contoh misalnya seseorang minjamkan sepeda kepada orang lain untuk ke pasar. Kedua, pinjam meminjam adalah Wajib. Hal ini berlaku manakala orang yang meminjam itu sangat membutuhkan pertolongan dari peminjam. Contohnya adalah meminjamkan pisau untuk memotong kambing yang hampir mati, dan lain sebagainya. Ketiga, pinjam meminjam adalah haram. Hal ini berlaku manakala tujuan dari pinjam meminjam adalah untuk keperluan dan tujuan kemaksiatan. Contohnya adalah meminjamkan pisau untuk membunuh orang lain. Dimana membunuh orang adalah merupakan dosa besar.

Kemudian, seteleh mengetahui hujum pinjam meminjam, maka selanjutnya harus mengetahui kewajiban masing-masing, baik yang meminjam maupun yang memberikan pinjaman. Kewajiban-jewajiban yang dimaksud adalah: pertama, Mengembalikan barang yang dipinjam tersebut kepada pemiliknya jika telah selesai. Sebagaimana Nabi bersabda:“Pinjaman itu wajib dikembalikan dan yang meminjam sesuatu harus membayar. ” (H.R. Abu Dawud). Kedua, mengganti apabila barang itu hilang atau rusak yang dikarenakan sebab oleh peminjam.

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Shofwan bin Umayyah, bahwa Nabi saw. pada waktu perang Hunain meminjamkan beberapa buah baju perang kepada Shofwan. Ia bertanya kepada Rasulullah saw., apakah ini pengambilan paksa wahai Rasulullah? “Rasulullah saw. menjawab: “Bukan, tetapi adalah pinjaman yang dijamin (akan diganti apabila rusak atau hilang.” (H.R. Abu Dawud). Ketiga, barang yang dipinjam dengan baik selama berada di tangan peminjam. Rasulullah saw. bersabda yang artinya :”Kewajiban peminjam merawat apa yang dipinjamnya sehingga ia kembalikan barang itu.” (H.R. Ahmad).

Demikian lah, kriteria, dan kewajiban yang mesti diketahui dalam kaitannya tentang pinjam meminjam. Ini sangat penting karena dengan mengetahui hal tersebut, ia seseorang akan terhindar dari hukum haram berupa riba. []

 

Properti Terbaru

Promo
Perumahan Syariah Bekasi Royal Azzura dekat Tol Bekasi Timur

Perumahan Syariah Bekasi Royal Azzura dekat Tol Bekasi Timur

364000000
Mustikajaya, Kota Bks
Lt/Lb : 60 m² / 38 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Rumah Murah di Palembang Salma Park Residence

Rumah Murah di Palembang Salma Park Residence

342.900.000
Jalan Talang Betutu Palembang
Lt/Lb : 91 m2 m² / 40 m2 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Tangerang Kavling Yudhistira

Perumahan Syariah Tangerang Kavling Yudhistira

Rp. 799.000.000
Jl. Yudhistira perumahan karang tengah permai
Lt/Lb : 60 m² / 66 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Jakarta Timur Lestari Residence

Perumahan Syariah Jakarta Timur Lestari Residence

Rp. 855.000.000
Jl. Lestari RT 04/03 Kalisari, Pasar Rebo Jakarta Timur
Lt/Lb : 50 m² / 60 m²
Lihat Detail »
Promo
Kavling Syariah Pabuaran Cibinong Bogor

Kavling Syariah Pabuaran Cibinong Bogor

279.000.000
Pabuaran Cibinong Bogor
Lt/Lb : 78 m² / m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Griya Radja Dekat Stasiun bogor

Perumahan Syariah Griya Radja Dekat Stasiun bogor

391 juta
Kel. Pasir Jaya Kec. Bogor Barat
Lt/Lb : 36 m² / 72 m²
Lihat Detail »