Menu
0819-1313-1328

Rahasia Formasi Sof Shalat

Thursday, May 2nd 2019.

Rahasia Formasi Sof Shalat

Salah satu bagian dari kesempurnaan shalat adalah rapi dan teraturnya sof atau barisan shalat. Seingkali kita mendengarkan sang imam mengucapkan: “mari lurus dan rapatkan barisan” merupakan suatu warning bahwa masalah sof lumayan cukup penting. Bahkan belakangan ini,formasi sof mulai dipermasalahkan. Karena perbedaan; yang rapat jari kakinya atau pundaknya. Dan pada akhirnya, gara-gara perbedaan itu, muslim satu dengan lainnya bisa saling mengejek dan mengakui paling benar. Dan dari perbedaan itu pula, seseorang mudah dikenali dari aliran mana ia beragama.  Bila formasinya begini, berarti dari Salafiadan Wahabi. Bila yang begitu berarti dari yang lain khsusnya NU.

Sebenarnya, perbedaan tersebut tidaklah terlalu penting. Karena ada hal yang lebih urgen dari itu semua, yakni terkait pesan di balik formasi sof shalat. Pesan-pesan tersebut adalah:

Pertama, perintah imam kepada seluruh ma’mumnya untuk merapatkan dan meluruskan barisan memberikan satu pesan yakni untuk menumbuhkan kerjasama dan integritas antara pemimpin dan pengikutnya untuk bersiap siaga dan mantap dalam melakukan aktivitas. Sehingga dapat dijalankan dengan baik. Artinya, seorang pemimpin dan pengikutnya harus selalu tampil dalam kerjasama dan sama-sama kerja. Kadangkala si pemimpin harus mengingatkan pengikutnya, dan kadangkala si pengikut juga perlu memberikan usulan atau kritikanya.

Kedua, formasi sof shalat yang rapat dan berdempet-dempet menunjukkan pesan bahwa kita harus saling bergndengan tangan dan terus menjadi makhluk sosial yang peduli dengan sesama. Karena kerapatan adalah simbol gotong royong yang menciptkan kekuaatn untuk mencapai tujuaan. Secara tidak langusung, formasi ini adalah pengejawantahan dari Surat Maidah ayat 2: “dan tolong menolonglah dalam kebaikan dan takwa. Dan janganlah tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.” (QS. Al-Maidah[5]: 2).

Ketiga, formasi diluruskannya sof merupakan simbol kerapian, keteraturan dan keindahan. Sama halnya dengan shalat, hidup inipun harus lurus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Supaya mendaptakan keberuntungan dan keselamatan.Tidak hanya itu, lurusnya barisan juga mengisyaratkan bahwa hidup ini harus terorganizir; memiliki target dan tujuan yang jelas.

Keempat, formasi shalat dengan posisi imam paling depan, lalu orang dewasa laki-laki di sof pertama, disusul anak-anak dan kemudian wanita dewasa juga memberikan pesan yang luar biasa. Yakni pembentukan mental seseorang bahwa pemimpin itu harus berdiri di depan; harus dapat diandalkan dan tentu memberikan arahan kepada pengikutnya. Sementara makmum-makmum yang berdiri di belakangnya, memberikan pengertian bahwa namanya pengikut harus sepenuhnya memposisikan diri penuh khidmah, patuh dan mudah bekerja sama. Bukan malah menikung, melengserkan atau malah mengkudeta pemimpinnya. Karena semua formasi ini adalah salah satu contoh miniatur kehidupan tentang kerjasama dalam mengemban etos kerja dan tanggung jawab.

Alhasil, formasi shalat semestinya menjadi bahan pendidikan dan pembelajaran mental serta kepribadian kita, supaya sesuai dengan pesan yang tersimpan di dalamnya. Sehingga shalat yang kita lakukan, benar-benar memberikan efek yang nyata. Bahwa ia dapat mencegah keburukan dan kemungkaran. Tepatnya. Amin. []

 

 

 

 

 

 

Properti Terbaru

Promo
KPR Syariah Bekasi Alifia Residence Dekat RSU Kartika Husada

KPR Syariah Bekasi Alifia Residence Dekat RSU Kartika Husada

552.154.000
Dekat RSU Kartika Husada
Lt/Lb : 68 m² / 45 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan syariah Jakarta Jagakarsa CasaMabda KPR

Perumahan syariah Jakarta Jagakarsa CasaMabda KPR

1.385.000.000
JL. PersaHabatan-Batu BelaH Rt.01 Rw.02 Cipedak Kec. JaGakarsa Jaksel
Lt/Lb : 80 m² / 96 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Rp.375.000.000
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Lt/Lb : 60 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

RP. 298.080.000
Jalan H. Bastari masuk sekitar 250 meter Palembang Sumatera Selatan
Lt/Lb : 90 m2 m² / 38 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan Syariah Jakarta Selatan Pemuda Regency

Perumahan Syariah Jakarta Selatan Pemuda Regency

Rp.618.000.000
Jl. Pemuda III Rt. 008/009 Cipedak Kel. Srengseng Sawah – Jagakarsa JAKARTA SELATAN
Lt/Lb : 60 m² / 60 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

RP.279.000.000
bekasi dekta tol setu
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »