Menu
0819-1313-1328

Rekayasa Riba

Tuesday, May 16th 2017.

rekayasa riba
Rekayasa Riba

Manusia adalah makhluk yang sempurna. Dengan akalnya ia bisa mengetahui segala sesuatu dan memecahkan suatu masalah. Namun dengan akalnya pula, mereka justru melakukan kelicikan dan rekadaya supaya terhindar dari segala aturan. Termasuk dalam masalah riba ini, bahwa banyak pula orang yang melaksanakan rekayasa atau “pelintiran” supaya tidak dikatakan sebagai riba salam usaha yang dijalankannya.

Sebenarnya, rekayasa riba yang lebih dikenal dengan hilah di al-riba bukanlah barang baru. Melainkan sudah lama terjadi dan menjadi salah satu trik jitu bagi mereka yang tak mau dikatakan pelaku haram tersebut. Lalu apakah yang dimaksud dengn hilah di al-riba tersebut dan bagaimana contohnya?. Sebagaimana dilansir dari dakwa.co.id., rekayasa (hilah) syar’i dalam riba merupakan satu trik untuk menghindari riba walaupun sebagian ulama ahli fiqih boleh, tetapi tetap makruh menurut sebagian yang lain, pendapat makruh itulah yang lebih kuat. untuk rekayasa atau hilah itu sebagaimana ada seorang yang berhutang 10 dirham kepada orang lain dan akan dibayar 10 setengah dirham dalam tempo 1 bulan.

Sementara contoh rekayasa Riba adalah seperti seseorang (a) menjual sepotong pakaian yang berharga 10 dirham dengan harga 10 dirham pula kepada orang lain (b). dia (a) mengambil 10 dirham dan orang lain itu mengambil pakaian dalam majelis itu. orang lain (b)  berkata “aku akan menjual pakaian ini dengan harga 10 setengah dirham”. dia yang mau berhutang uang mengambil 10 dirham dan orang lain itu mengambil pakaian. lalu dalam majelis membelinya dengan harga tersebut dengan tanpa wakthu tertentu. riba di sini telah hilang tetapi yang lebih baik bila seperti itu tidak dikerjakan karena Taqwa adalah lebih baik daripada fatwa.

Begitu juga seperti orang yang berhutang (x) menjual sepotong kain senilai 12 dirham kepada orang yang berhutang (y) dengan harga 12 dirham pula, tetapi dibayar dalam waktu tertentu (bulan berikutnya, misalnya) kemudian orang yang berhutang menjualnya kepada orang lain (Z )  dengan harga 10 Dirham.   orang lain (z) menjualnya lagi kepada penjual pertama yang juga pemberi hutang (X) dengan harga 10 dirham pula sambil berkata “berikanlah 10 dirham itu kepadanya (y) yang telah telah menjual pakaian ini kepadaku”. apabila penjual pertama, yaitu orang yang membeli dari orang lain, sekaligus orang orang memberi hutang (x) telah memberi sepuluh dirham kepada orang yang berhutang (y) maka orang yang berhutang (y) adalah sebagai orang yang berhutang kepada orangvyang memberi hutang itu (x) dengan dua belas dirham. kelebihan dua dirham ini pun bukan riba. tetapi bagi seorang mukmin hendaklah memelihara diri dari mu’amalah yang tidak memenuhi aturan agama, sehingga tidak dituntut di akhirat kelak.

Demikianlah uraian singkat terkait rekayasa Riba yang sebagian orang banyak melakukan. Tentu, hukum masih diperdebatkan, namun yang paling baik adalah kita tetap berhati-hati dan sebisa mungkin menjauhi. []

Penulis Admin APS

 

Properti Terbaru

Promo
Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

RP. 298.080.000
Jalan H. Bastari masuk sekitar 250 meter Palembang Sumatera Selatan
Lt/Lb : 90 m2 m² / 38 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan syariah Jakarta Jagakarsa CasaMabda KPR

Perumahan syariah Jakarta Jagakarsa CasaMabda KPR

1.385.000.000
JL. PersaHabatan-Batu BelaH Rt.01 Rw.02 Cipedak Kec. JaGakarsa Jaksel
Lt/Lb : 80 m² / 96 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Dekat RSUD Depok

Perumahan Syariah Dekat RSUD Depok

530.000.000
Cinangka Depok
Lt/Lb : 82 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Rp. 885.392.000
Jl. Bhakti Abri Rt/Rw 05/09 Sukamaju Baru Tapos Depok
Lt/Lb : 73,6 m² / 60 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Depok Adnan Nabila

Perumahan Syariah Depok Adnan Nabila

Rp. 470.000.000
Jl. Bhakti Abri Rt/Rw 05/09 Sukamaju Baru Tapos Depok
Lt/Lb : 69 m² / 45 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Rp.295.000.000
Jl. Pelabuan 2, km 9, Kec. Gunung Guruh, Desa kebon manggu, Sukabumi
Lt/Lb : 72 m² / 39 m²
Lihat Detail »