Menu
0819-1313-1328

Tips Menghindari Riba

Monday, May 15th 2017.

tips menghindari riba
Tips Menghindari Riba

Sebagaimana diketahui bahwa praktek riba merupakan salah satu jenis transaksi yang haram hukumnya. Namun, pada prakteknya, hal demikian justru tidak begitu diperhatikan. Nyatanya, banyak pula yang melanggarnya baik dengan cara sengaja maupun tidak sengaja. Baik secara individual maupun secara kolektif. Apakah yang bisa menjadikan hal seperti ini terjadi?. Jawabannya adalah karena riba itu sangat hal yang sulit dibedakan dan menempel pada jenis barang itu sendiri. Tepatnya, antara keuntungan dan riba, antara laba dan royalti. Kesemuanya ini, bisa saling mempengaruhi satu sama lain.

Banyak yang menganggap bahwa usaha yang dijalankan adalah murni dari riba, tapi ternyata justru malah ia terlilit oleh riba itu sendiri. Sementara, yang lain justru semakin “getol” untuk terus meraup kekayaan sebanyak-banyaknya tanpa melihat sumber dan proses transaksinya; yang penting untuk bik modal dan untung. Sehingga karena hal ini, tidak bila kemudian banyak pihak yang merasa dirugikan—-yang awalnya berkeinginan untuk memperoleh laba yang menjanjikan, malay yang terjadi justru kebangkrutan. Sementara pihak lainnya, semakin mapan dan statusnya melonjak drastis. Karena alasan inilah, praktek riba dengan segala bentuknya harus benar-benar bersih dari kehidupan kita. Harus tersterilkan dari setiap usaha yang kita jalani. Dan berikut adalah beberapa tips untuk menghindari praktek haram ini.

Pertama, mengenal hukum-hukum jual beli. Ya, tips pertama ini merupakan satu kewajiban mutlak bagi siapa saja yang hendak terjun dalam bidang usaha. Mengenal dan mengetahui hukum transaksi, berarti tidak hanya paham tentang proses berjalan usaha itu sendiri, melainkan tahu betul seluk beluk status usaha tersebut mulai dari awal sampai penghitungan laba.

Kedua, menentukan jenis usaha yang halal dan baik. Hal ini sangat penting karena, usaha yang akan dilakukan sangat menentukan sekali bahkan memberikan efek luar bisa bagi kelancaran dan mentalitas pelakunya. Bila dari awal, jenis usahanya memang halal dan baik, maka kepercayaan konsumen semakin tinggi dan saat itu, ia akan memperoleh satu penggantian yang nantinya menyokong nilai tambah usahanya itu. Namun bila sebaliknya; usahanya haram dan sangat merugikan salah satu pihak bahkan sampai harus mengorbankan mereka, maka tentu usahanya tersebut akan cepat tumbang. Segala macam nilai tambah ia Raup sebanyak-banyaknya.

Ketiga, meminjam modal pada lembaga yang terpercaya dan bersyariah. Ya, tips ketiga ini merupakan solusi yang barangkali sangat tepat untuk zaman sekarang ini. Bagaimana tidak? lembaga-lembaga swasta maupun negeri yang memberikan jasa peminjaman modal akan sangat sistematis dan terstruktur, maka suatu kecerdikan kita bila kemudian kita lebih selektif memilih dan memilah lembaga itu untuk mendapatkan modal usaha kita. Jangan sampai hanya karena nilai modal yang tidak tinggi, namun pada kenyataannya justru terlilit dengan praktek riba. Tapi pilihlah lembaga yang terpercaya, yang Syariah dan sangat mengedepankan kemaslahatan bersama.

Keempat, menyisihkan laba untuk disedekahkan. Nah, untuk tips yang terakhir ini, juga sangat membantu kita dalam menghindari praktek riba. Ya, fehgn bersedekah kita akan lebih berhati-hati dan waspada terhadap usaha yang kita jalani. Bukan karena alasan sedekah itu sendiri yang berarti membuah “kotoran” dari harta kita, namun dengannya kita mengerti bahwa seyipa nilai tambahan mesti dididihkan untuk yang lebih membutuhkan. Dan saat itulah, praktek riba bisa dimungkinkan untuk diminimalisir.

Barangkali inilah empat tips dalam menghindari praktek riba di setiap usaha yang dilakukan. Butuh kesadaran dan komitmen yang tinggi untuk merealisasikan keempat tips di atas. Tidak cukup hanya sebagai visi dan misi belaka, namun harus menjadi aksi nyata yang benar-benar transparan. Sehingga saat itulah, kemungkinan besar transaksi riba akan tidak terdengar lagi.[]

penulis admin APS

Properti Terbaru

Promo
Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

Rumah Murah di Palembang Salma Lakeside Jakabaring

RP. 298.080.000
Jalan H. Bastari masuk sekitar 250 meter Palembang Sumatera Selatan
Lt/Lb : 90 m2 m² / 38 m2 m²
Lihat Detail »
Promo
KPR Syariah Bekasi Alifia Residence Dekat RSU Kartika Husada

KPR Syariah Bekasi Alifia Residence Dekat RSU Kartika Husada

552.154.000
Dekat RSU Kartika Husada
Lt/Lb : 68 m² / 45 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Perumahan Syariah Jogja Hijrah Village Sleman KPR

Rp. 390.000.000
Catur Harjo, Sleman, Kab. Sleman (Barat Polres Sleman)
Lt/Lb : 125 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Rumah Murah di Palembang Salma Park Residence

Rumah Murah di Palembang Salma Park Residence

342.900.000
Jalan Talang Betutu Palembang
Lt/Lb : 91 m2 m² / 40 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Perumahan Syariah Jakarta Selatan Pemuda Regency

Perumahan Syariah Jakarta Selatan Pemuda Regency

Rp.618.000.000
Jl. Pemuda III Rt. 008/009 Cipedak Kel. Srengseng Sawah – Jagakarsa JAKARTA SELATAN
Lt/Lb : 60 m² / 60 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Rp.295.000.000
Jl. Pelabuan 2, km 9, Kec. Gunung Guruh, Desa kebon manggu, Sukabumi
Lt/Lb : 72 m² / 39 m²
Lihat Detail »