Menu
0819-1313-1328

FAQ KPR Syariah

1. Buyer     : Konsep Property Syariah itu bagaimana ya,,,?
Marketing  :  Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya A sebagai Marketing Property Syariah, Berbicara konsep perumahan disini yg kami tawarkan adalah bagaimana cara memiliki Rumah IDAMAN serta penuh Keberkahan tanpa Riba didalamnya Berkonsep Tanpa Bank, tanpa denda, Tanpa Sita, Tanpa BI  Checking karena pembayaran langsung ke developer

Untuk Referensi Detail tentang konsep Property Syariah dan Tentang Riba bisa Klik :

http://propertysyariah.net/blog/rumah-syariah-idaman-penuh-berkah
http://propertysyariah.net/blog/9-dosa-dan-bahaya-pelaku-riba

 

2. Buyer : Untuk Skema Pembangunannya sendiri Bagaimanakah..?

Marketing : Untuk Pembangunan kami menerapkan akad pesan bangun,  Umummya di developer property menggunakan akad istishna ( pesan bangun )…rata2x untuk serahterima bangunan jika cash 12-18 bulan dan jika kpr 24 bulan

Untuk Referensi Detail tentang konsep Property Syariah dan Tentang Riba bisa Klik :
http://propertysyariah.net/blog/perumahan-syariah-akad-istishna

 

3.Buyer : pak kenapa harga Cash dan KPR beda ya,,,,?

Marketing :  iya untuk harga cash dan kpr secara hukum syara diperbolehkan,,, Afwan..yg tidak diperbolehkan setelah disepakati harga ada penambahan  nilai harga seperti denda..dan suku bunga diluar harga yg disepakati dan untuk kebijakan harga pricelistTergantung developer nya Ada yg memasang harga cash dan kredit sama Ada juga yg memasang harga cash dan kredit berbeda Intinya secara hukum syara’  keduanya diperbolehkan.


Referensi Artikel :

http://propertysyariah.net/blog/perbedaan-harga-cash-dan-kredit

 

4. Buyer : apa keunggulan konsep property syariah..?

Marketing : Keunggulan  Sistem Properti Syariah dan KPR syariah Berbasis Syariah Masyarakat akan dengan mudah memiliki rumah impian mereka :

  • Dalam praktiknya, Properti Syariah dan KPR syariah sangat mengedepankan hukum yang berlandaskan pada akad jual beli dalam islam yang sesuai dengan syariah/tutunan Nabi besar Muhammad SAW
  • Dalam Sistem Properti Syariah dan KPR syariah, kami memutus mata rantai yang terhubung degan Bank. Disini maksudnya dalam setiap transaksi apapun yang berhubungan dengan kredit kepemilikan rumah, kami tidak memakai jasa keuangan perbankan.
  • Pembelian rumah dengan sistem syariah tidak ada istilah bunga utang (riba) terutama jika pembelian rumah dilakukan secara kredit
  • Berbeda dengan kredit pada umumnya, sistem syariah yang sebenarnya adalah tidak ada istilah denda untuk konsumen/client yang terlambat dalam melakukan pembayaran. ya benar, Denda diharamkan dalam jual beli islam (jika jual beli dilakukan ndengan kredit)
  • Karena kami tanpa akad bermasalah yang artinya, semua akad dalam jual beli harus dilakukan dengan sejelas jelasnya hingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan yang sama.
  • Dengan mudahnya kepemilikan rumah jika menganut sistem Properti Syariah dan KPR syariah, kami merasa sistem ini dapat menjangkau semua kalangan masyarakat. Pengusaha kelas menengah dan kelas bawah, Pedagang, Karyawan, dll.

 

5. Buyer : bagaimana caranya jika saya berminat membeli rumah syariah secara KPR…?

Marketing :  Syarat Umum Property Syariah dan KPR syariah :

@ Bayar Booking Fee sesuai developer ( masa Booking Fee 14 hari )

@ Pihak Survei Developer memverifikasi Calon Buyer ( Masa Verifikasi 14 hari )

@ Mengisi Form Identitas, Form persetujuan suami-istri, form pernyataan agunan/jaminan ( untuk agunana optional tidak diwajibkan )

@ Melengkapi Berkas seperti FC KTP, FC KK, FC Slip Gaji Atau SIUP

@ Mengisi Form Akad +DP setelah di terima oleh pihak survei developer.

untuk info artikel lengkap bisa di klik :
http://propertysyariah.net/cara-booking

6. Buyer : bagaimana dengan Agunan atau  jaminan barang…?

Marketing :  Untuk agunan tidak dipersyaratkan..hukum agunan dalam muamalah islam mubah.. Dan untuk agunan sudah diantisipasi oleh developer masing2x..biasanya ada beberapa pilihan agunan bisa berupa barang atau personal tetapi barang yg dibeli tidak boleh diagunkan, yang terpenting kesanggupan membayar

7. Buyer :  apakah tersebut sangsi atau pinalti bila developer tidak membangun rumahnya tepat waktu?⁠⁠⁠⁠

Marketing : Umumnya jika developer tidak membangun sesuai jadwal maka seluruh uang yg disetor akan dikembalikan ke pembeli dan tertuang dalam akad ( tergantung kebijakan developer pada saat akad)

8.  kenapa rumah syariah lebih mahal di bandingkan rumah subsidi padahal pembayaran cicilannya sama-sama bersifat flat sampai lunas ?

Marketing : Utk yg mengatakan bhw Rumah Syariah itu lebih mahal, mohon bisa diskusi secara detail. Belum ada Bank yg bisa memastikan nilai akhir dari KPR rumah, sedangkan dirumah Syariah nilai yg disebutkan adalah yg diakadkan. Sehingga nilai itu pasti dan berani di JAMIN bahwa itu lebih murah.

9. Bagaimana dengan Booking fee jika kesalahan buyer?

Untuk booking fee jika tidak masuk verifikasi maka uang booking ada yg dikembalikan 100% ada yg dipotong sesuai kebijakn developer..begitu juga jika kesalahan buyer ada yg hangus dan ada yg dipotong juga ( tergantung kebijakan developer masing2x )