Menu
0819-1313-1328

Belajar Ilmu Laduni Dari Adam

15th May 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Belajar Ilmu Laduni Dari Adam

Detail Info Belajar Ilmu Laduni Dari Adam

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Belajar Ilmu Laduni Dari Adam

Belajar Ilmu Laduni Dari Adam

Dalam pepatah arab dikatakan; “jikalau bukan [karena] ilmu, sungguh manusia seperti hewan”. Pepatah ini menngingatkan kita bahwa perbedan manusia dengan makhluk lainnya adalah karena ia dianugerahi akal yang dengannya dapat menyimpan pelbagai ilmu. Dan dengan ilmu itulah ia dapat mengetahui kebenaran dan jalan keselamatan sehingga ia tidak seperti hewan yang hanya dibekali nafsu semata yang menjerumuskan ke dalam kesesatan. Oleh sebab itu, kedudukan ilmu dalam Islam adalah sebuah kebutahan yang harus dipenuhi oleh seteiap insan manusia. Satu sisi sebagai bentuk mensyukuri nikmat akal dan sebagi penontrol jiwa supaya nafsu tidak beringas pada sisi yang lain. Untuk itu, Nabi bersabda: “mencari ilmu itu wajib [hukumnya] bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempaun”  (HR. Bukhari).

Nah, berkaitan dengan pencarian ilmu, seseorang memiliki proses yang dilaluinya. Ada yang melalui proses belajar, peneletian, pengalaman dan mendengarkan kepada seorang guru. Sehingga dengan lantara itu semua, mereka dapat menyerap ilmu, nilai dan materi yang membuat dirinya berwawasan, semakin tahu dan tidak menyalahkan orang lain. Namun, ada juga seseorang yang justru mendapatkan ilmu tanpa melalui proses tersebut di atas. Seakan-akan ia terlahir sudah dalam kondisi pintar atau cerdas. Atau seakan-akan ia mudah menangkap ilmu dengan sekali baca atau mendengerkan saja tanpa perlu repot-repot menelaah atau meneliti dalam jangka waktu yang lama. Kedua fenomena ini benar adanya.

Untuk itu, dalam proses pencarian ilmu, seseorang dapat menempuh dua cara; proses lahir dan proses batin tau yang selanjutnya disebutkan dengan istilah ilmu kasbi dan ilmu laduni. Ya, yang dimaksud ilmu kasbi adalah ilmu yang diperoleh dengan cara usaha atau upaya dari pencarinya, baik itu dengan belajar, membaca, meneliti atau yang lainnya. Pada dasarnya, ilmu ini adalah ilmu yang berhubungan erat dengan proses waktu, metode, dan pihak yang terlibat di dalamnya. Oleh sebab itu, ilmu jenis ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tergantung dengan kesungguhan pelaku dalam proses pencariannya. Sehingga ada orang yang pintar dan berwawasan luas karena ia gemar membaca dan menulis. Namun ada juga yang hanya mengetahui sebagian saja dari suatu ilmu, karena semangat belajarnya yang kendor dan masih banyak lagi. Jenis ilmu ini secara tidak langsung sebenarnya telah diajarkan olah Allah yakni tentang perintah untuk bertanya kepada yang ahli di mana dalam aktivitas bertanya itulah terdapat proses kasbi (pencarin) seelum memperleh ilmu. Allah berfirman: “maka tanyakanlah kepada ahli dzikri jikalau kalian tidak mengetahui” (QS. Al-Anbiya: 7).

Sementara ilmu laduni adalah ilmu istimewa yang lahir tanpa proses normal pada umumnya seperti di atas atau diperoleh dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, ilmu ini hanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Yakni mereka yang ersih hatinya, kuat ibadahnya, dan baik perangainya. Atau dalam kata yang sederhana, diberikan kepada mereka kekasih Allah mulai dari para nabi, wali-wali dan orang-orang shaleh. Dan potret jelas terkait ilmu laduni ini dapat kita sakskian dari kisah Nabi Adam sewaktu diangkat menjadi khalifah di bumi. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 30-34 disebutkan bahwa setelah Nabi Adam dinobatkan sebagai khalifah di bumi kemudian dia mendapatkan pengajaran khusus dari Allah berupa nama-nama (ilmu, pengalaman dan keterampilan) yang sebagai bekal dirinya dan istrinya, hawa dalam mengarungi kehudipan di muka bumi. Sehingga berkat pengajaran khusus itulah, keduanya dapat hidup dan menciptakan kreatifias saat memegang amanat sebagai khalifah. Keduanya dapat menemukan ilmu bercocok tanam, mengeembala berkebun dalan lain sebagainay yang sebelumnya ia tak pernah tahu atau mencarinya. Atau seperti kisah Imam Syafi’i yang denan mudahnya umur tujuh tahun sudah hafal Al-Qur’an di tengah-tengah anak-anak yang sebayanya saat itu.

Jika demikian, lalu bagaimanana seseorang dapat mencari ilmu dengan dua proses tersebut. Untuk ilmu kasbi, sudah jelas yakni diraih dengan kesungguhan belajar, niat yang tulus, istiqomah, dan waktu yang lama atau dalam prinsip imam ilmi disederhakankan dengan enam bekal ilmu yang berupa; kecerdasan, antusiasme yang tinggi, sabar, biaya, arahan guru dan masa yang lama. Sementara untuk ilmu laduni dapat diperoleh dengan beberapa kata, diantaranya: dengan merutinankan riyadhoh batin (puasa atau dzikir), makan dan minum yang halal, ketaatan ibadah, lisannya terjaga dan wirid yang terus diistiqomahkan. Intinya, ilmu laduni ini hanya diberikan kepada mereka orang-orang yanbesih dari maksiat, baik maksiat dzohir maupun maksiat bnatin. “ilmu itu cahaya. Dan ia tak akan dicurahakan kepada pelaku maksiat”. Demikian kata Imam Waki’ kepada muridnya, Imam Syafi’i. []

 

 

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Perumahan Syariah Adreena Village Mekarsari Kota Bogor

Perumahan Syariah Adreena Village Mekarsari Kota Bogor

Rp.436.000.000
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Lt/Lb : 72 m² / 42 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Bumi Asri Permai Bekasi Timur

Perumahan Syariah Bumi Asri Permai Bekasi Timur

Rp.795.000.000
Jl.Rudal Komplek Jaladha Pura samping Mall BTC (Bekasi Trade Centre) Bekasi Timur
Lt/Lb : 75 m² / 65 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

RP.279.000.000
bekasi dekta tol setu
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

436.217.000
jl.sirojul munir, jatisari, jatiasih, kota bekasi
Lt/Lb : 66 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Rp.630.000.000
bojong gede bogor
Lt/Lb : 60 m² / 54 m²
Lihat Detail »