Menu
0819-1313-1328

Mengenal Tuhan Lebih Dekat Dalam Shalat

3rd May 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Mengenal Tuhan Lebih Dekat Dalam Shalat

Detail Info Mengenal Tuhan Lebih Dekat Dalam Shalat

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Mengenal Tuhan Lebih Dekat Dalam Shalat

Mengenal Tuhan Lebih Dekat Dalam Shalat

Tujuan ibadah adalah bentuk pengakuan dan ketiaan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa. Dan di dalam beribadah itu pula, kita dapat menjalin hubungan erat seakan-akan kita dengan-Nya tidak memiliki jarak, sehingga kita dengan “bebas dan leluasa” bermunajat kepada-Nya. namun pada kenyataannya, tidak semua hamba dapat memposisikan dirinya seperti demikian. Artinya, banyak dari mereka yang belum sepenuhnya dapat menghadirkan Tuhan di setiap rangkaian ritual ibadahnya. Akibatnya, ia dengan Tuhannya terasa berjauhan.

Oleh sebab itulah, dalam ibadah shalat, sebagai ibadah paling utama, seseorang tidak hanya dituntut untuk merenungi bacaan dan gerakannya semata, melainkan lebih dari itu, yakni ia juga dituntut untuk dapat menghadirkan seluruh energi lahir, batin dan jiwanya semata-mata fokus dan berdzikir kepada Allah. Sebab, shalat adalah media di mana seorang hamba dengan Tuhannya dalam kondisi berdekatan. Di dalamnya terdapat unsur dialogis berupa pujian, doa, dan harapan dari si hamba lewat bacaannya yang ditunjukkan kepada Sang Khalik. Seakan-akan Dia tengah berada di depan kita dan berinteraktif satu sama lain.

Maka barangkali tepat sekali, apa yang dikatakam oleh Qurash Shihab tentang hal ini: “jika engkau ingin bisa berbica dengan tuhan, maka shalat lah. Dan jika kamu ingin mengetahui bagaimana tuhan berbicara, maka lantunkanlah al-Qur’an”. Pernyataan ini sejatinya tengah mengajarkan kepada kita bahwa media yang dapat menyalurkan hajat, curhat dan keluh kesah diri kita adalah shalat. Melalui ibadah itu, kita seekan-akan tengah berdekatan dengan Tuhan dan tengah memperoleh bimbingan serta solusi atas hajat dan tujuan kita. Sehingga dengan mudah akan didengar dan dikabulkan.

Jika memang al-Shalat perekat kedekatan dengan Tuhan, lalu bagaimana supaya dapat menjalaninya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Pertama, bayangkan bahwa shalat adalah mediator dalam menjembatani untuk bisa bertemu dan berdialog dengan Tuhan. Oleh karenya, sebelumnya sudah harus dipastikan ia memiliki ‘tiket  masuk’ yakni kesucian fisik dengan wudu dan kesucian batin dengan khusyuk. Sehingga dengan membayangkan seperti ini, ia akan lebih siap diri dan lebih memantaskan diri yang pada akhirnya ia akan lebih mengenal Tuhannya tersebut.

Kedua, pahami setiap bacaan shalat dengan seksama. Takbiratul iharam misalnya, bahwa kalimat ini selain sebagi tanda dibukanya ritual shalat, namun juga sebagai tanda pengakuan kita, yakni bahwa yang tengah dihadapannya adalah dzat yang maha kuasa dan maha besar serta menguasai seluruh alam. besar harapannya, dengan merenungi makna takbiratul ihram, rukku, sujud dan salam, seseorang dapat meraih kemesraan ibadah bersama kekasihny, Allah.

Ketiga, tadaburi setiap gerakan shalat. Rukuk misalnya, bahwa jangan dipahami bahwa ia hanya gerakan fisik membukukan badan semata, lebih dari itu semestinya dipahami sebagai bentuk kerendahan hati dan kesantunan dalam pengakuan hamba yang lemah nan serba berkekurangan. Sehingga dengan cara ini, ia bisa lebih dekat dengan Tuhannya.

Alhasi, shalat adalah media dialog. Karena di dalamnya memuat ruang bagi setiap hamba untuk mengekspresikan setiap hajat, doa dan harapannya. Dan terkabulnya semua itu adalah sebuah keniscayaan. Dan di dalamnya pula, ia akan terasa lebih dekat dengan sang pencipta sehingga merasasakn ketenangan dan kedamaian yang luar baisa. []

 

 

 

 

 

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

Rumah Kpr Syariah Alifia Residence 2 Jatisari Kota Bekasi

436.217.000
jl.sirojul munir, jatisari, jatiasih, kota bekasi
Lt/Lb : 66 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Rumah Kpr Syariah The Padjajaran Cikarang Bekasi

Rumah Kpr Syariah The Padjajaran Cikarang Bekasi

190.000.000
sukamanah, sukatani, cikarang bekasi jawa barat
Lt/Lb : 60 m² / 29 m²
Lihat Detail »