Menu
0819-1313-1328

Relasi Shalat Dan Doa

3rd May 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Relasi Shalat Dan Doa

Detail Info Relasi Shalat Dan Doa

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Relasi Shalat Dan Doa

Relasi Shalat Dan Doa

Tidak pantas kiranya bila kita membicarakan tentang shalat, namun tidak menyinggung tentang doa. Sebab dua ibadah itu saling berkaitan satu sama lain. Bahkan semua ibadah sejatinya bersumber dan merupakan citra dari doa itu sendiri termasuk shalat tersebut. Dalam istilah bahasa, betul adanya bahwa shalat diartikan sebagai doa. Sebab, semua yang di dalam shalat khususnya bacaan-bacaannya merupakan ekspresi permohonan atau doa.

Kita ambil contoh umpanya bacaan al-fatihah. Sudah barang tentu di dalamnya ada satu doa yang masyhur yakni doa meminta petunjuk kebenaran: “tunjukilah kami jalan yang lurus (ayat 4)”. Dan puncaknya adalah dalam bacaan ketika duduk di antara dua sujud. bahwa di dalamnya terdapat 8 permintaan sekaligus dalam satu doa. yakni permintaan diampunkan dosa, diberi kasih sayang, diperbaiki amal yang terlewat, diangkat derajatnya, diberi rezeki, diberi petunjuk, diberi kesehatan, dan dihapuskan kesalahan. Doa yang dimaksud itu adalah;“rabbighfili warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa’aafini wa’fu’annii

Lebih lanjut, relasi shalat dengan doa sebenarnya terdapat pada kemustajaban waktunya. Dalam arti, doa akan kuat terkabulnya karena dipanjatkan di waktu yang tepat, dan shalat adalah satu satu dari waktu mustajab tersebut. Maka sangat tepat makna bahasa dari shalat adalah doa itu sendiri sebagaimana penjelasan yang lalu.

Namun kemuliaan relasi keduanya sering tdiak disadari banyak orang. Akibatnya, shalat dipahami sebagai gerakan semata, sementara bacaanya yang berupa rangkain doa-doa, justru ia ucapkan tanpa penghayatan dan perenungan mendalam. Dan ironisnya lagi, akibat ulah tersebut, banyak kemudian orang menganggap shalat bukan lagi waktu mustajab dalam berdoa, melainkan bergeser menjadi tempat untuk menemukan inspirasi keduniawian bahkan tempat menemukan barang yang hilang. Tentu, ini sudah menodai kesucian dua ibadah tersebut. Dan akibatnya, shalat yang ia kerjakan tidak memberikan asar atau efek yang cukup besar dalam membentuk pelakunya. Dengan kata lain, belum dapat membuatnya terdorong menggerakkan kebajikan dan menahannya dari kemungkaran.

Maka dari itu, ada beberapa kita yang mesti diupayakan supaya relasi shalat dan doa tersebut tetap terjaga. Diantaranya adalah: pertama, mengingat kembali bahwa datangnya waktu shalat adalah suatu yang sakral dan tidak terhenti pada simbol adzan, iqomat dan barisan shalat. Melainkan mesti menghadirkan hati dan jiwa yang khidmah dan fokus dalam menjalakan prosesi ritual tersebut. Kedua, membiasdakan diri untuk memperdalam makna-makna dari setiap bacaan shalat, baik dengan mengetahui terjemahnya maupun dengan merenungi makna tersirat darinya.

Ketiga, menyempurnakan wudhu dan behias diri dengan penuh kerapian, kesopanan dan kesucian melalui pakain yang menutup aurat, pantas dan tidak berlebihan. Keempat, mengupayakan untuk meneteskan air mata dalam menjali proses shalat. Karena dengan itu, ia akan menemukan titik fokus dan khusyuk tanpa memikirkan hal-hal di luar shalat. Kelima, merutinkan doa Nabi yang berbunyi: “allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika (ya Allah tolonglah aku untuk bisa terus mengingatmu, dan memperbagus beribadah kepadamu). Besar harapan kita, dengan upaya ini, relasi shalt dan doa bisa terwujud dengan baik. Amin. []

 

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Perumahan KPR Syariah Bekasi Selatan  Arkanza 3 jatiasih

Perumahan KPR Syariah Bekasi Selatan Arkanza 3 jatiasih

RP.535.000.000
Bekasi Timur
Lt/Lb : 70.2 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Kpr Syariah Depok Mutiara Hasanah Residence

Rumah Kpr Syariah Depok Mutiara Hasanah Residence

365.421.000
Sawangan, Depok
Lt/Lb : 61 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Rp.630.000.000
bojong gede bogor
Lt/Lb : 60 m² / 54 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Rp. 885.392.000
Jl. Bhakti Abri Rt/Rw 05/09 Sukamaju Baru Tapos Depok
Lt/Lb : 73,6 m² / 60 m²
Lihat Detail »