Menu
0819-1313-1328

Riba Membunuhmu

25th June 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Riba Membunuhmu

Detail Info Riba Membunuhmu

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Riba Membunuhmu

sahabat islam yg beriman peliharalah ibadah mu

hindari riba dgn segala alasan apapun

sebagai mana firman Allah swt

ﻲِ اﻟﱠﺗ َ اﻟﻧﱠﺎر ْوا ُ اﺗﱠﻘ َ . و َ ون ُﺣِﻠْﻔُ ﺗ ْمُ ﻠﱠﻛَﻌَ ﻟَﮫّ اﻟﻠ ْوا ُ اﺗﱠﻘ َ وًﺔَﻔَ ﺎﻋ َ ﻣﱡﺿ ً ﺎﻓﺎ َﻌْﺿَ ﺎ أ َﺑِّ اﻟر ْوا ُﻠُﻛْﺄَ ﺗَ ﻻْوا ُﻧَ آﻣ َ ﯾن ِ ﺎ اﻟﱠذ َ ﯾﱡﮭَ ﺎ أ َﯾ َ ﯾن ِرِ ﺎﻓ َﻛْﻠِ ﻟ ْ دﱠت ِﻋُأ
“ H a i o r a n g – o r a n g y a n g b e r i m a n,  j a n g a n l a h  k a m u  m e m a k a n  r i b a   d e n g a n b e r li p a t g a n d a d a n b e r t a k w a l a h k a m u k e p a d a A ll a h s u p a y a k a m u m e n d a p a t k e b e r u n t u n g a n. P e li h a r a l a h d i r i m u d a r i
 (Tafsir Al-Qur’an Surat Ali Imron Ayat 130: Riba Jahiliah)

a p i n e r a k a, y a n g d i s e d i a k a n u n t u k o r a n g – o r a n g y a n g k a f i r.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)
Tentang sebab turunnya ayat di atas, Mujahid mengatakan, “Orang-orang Arab sering mengadakan transaksi jual beli tidak tunai. Jika jatuh tempo sudah tiba dan pihak yang berhutang belum mampu melunasi maka nanti ada penundaan waktu pembayaran dengan kompensasi jumlah uang yang harus dibayarkan juga menjadi bertambah maka alloh menurunkan firman-Nya… (ayat di atas).” ( a l J a m i’ li A h k a m il Q u r’a n , 4/199)
Syaikh Abu Bakar Jabir al Jazairi mengatakan, “Ketahuilah wahai orang yang beriman bahwa riba yang dipraktekkan oleh bank konvensional pada saat ini itu lebih zalim dan lebih besar dosanya dari pada jahiliah yang Allah haramkan dalam ayat ini dan beberapa ayat lain di surat al Baqarah. Hal ini disebabkan riba dalam bank itu buatan orang-orang Yahudi sedangkan Yahudi adalah orang yang tidak punya kasih sayang dan belas kasihan terhadap selain mereka.
Buktinya jika bank memberi hutang kepada orang lain sebanyak seribu real maka seketika itu pula bank menetapkan bahwa kewajiban orang tersebut adalah seribu seratus real. Jika orang tersebut tidak bisa membayar tepat pada waktunya maka jumlah total yang harus dibayarkan menjadi bertambah sehingga bisa berlipat-lipat dari jumlah hutang sebenarnya.
Bandingkan dengan riba jahiliah. Pada masa jahiliah nominal hutang tidak akan bertambah sedikit pun jika pihak yang berhutang bisa melunasi hutangnya pada saat jatuh tempo. Dalam riba jahiliah hutang akan berbunga atau beranak jika pihak yang berhutang tidak bisa melunasi hutangnya tepat pada saat jatuh tempo lalu mendapatkan penangguhan waktu pembayaran.
Boleh jadi ada orang yang berpandangan bahwa riba yang tidak berlipat ganda itu diperbolehkan karena salah paham dengan ayat yang menyatakan ‘j a n g a n l a h k a m u m e m a k a n r i b a d e n g a n b e r li p a t g a n d a’ . Jangan pernah terpikir demikian karena hal itu

25/6/2019 Tafsir Al-Qur’an Surat Ali Imron Ayat 130: Riba Jahiliah
https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html 3/19
sama sekali tidak benar. Ayat di atas cuma menceritakan praktek para rentenir pada masa jahiliah lalu Allah cela mereka karena ulah tersebut.
Sedangkan setelah Allah mengharamkan riba maka semua bentuk riba Allah haramkan tanpa terkecuali, tidak ada beda antara riba dalam jumlah banyak ataupun dalam jumlah yang sedikit. Perhatikan sabda Rasulullah yang menegaskan hal ini,
ًﺔَﯾْﻧَ ز َ ﯾنِﺛ َ ﻼَﺛَ وٍ ﺗﱠﺔ ِ ﺳ ْنِ دﱡ ﻣ َﺷَ أُمَﻠْﻌَ ﯾ َوُھَ و ُلُ اﻟرﱠﺟ ُﮫُﻠُﻛْﺄَ ﺎ ﯾ ًﺑِ رٌمَھْرِد
“ S a t u d i r h a m u a n g r i b a y a n g d i m a k a n o l e h s e s e o r a n g d a l a m k e a d a a n m e n g e t a h u i b a h w a i t u a d a l a h u a n g r i b a d o s a n y a l e b i h b e s a r d a r i p a d a b e r z i n a s e b a n y a k 3 6 k a li.” (HR. Ahmad dari Abdulloh bin Hanzholah dan dinilai shahih oleh Al Albani dalam Shahih a l J a m i’ , no. 3375)” [ N i d a – a t u r R a h m a n li A h li I m a n hal 41]
Dalam hadits di atas dengan tegas Nabi mengatakan bahwa uang riba itu haram meski sangat sedikit yang Nabi ilustrasikan dengan satu dirham. Bahkan meski sedikit, Nabi katakan lebih besar dosanya jika dibandingkan dengan berzina bahkan meski berulang kali. Jadi hadits tersebut menunjukkan bahwa uang riba atau bunga itu tidak ada bedanya baik sedikit apalagi banyak.
Ayat ini berada di antara ayat-ayat yang membicarakan perang Uhud. Sebabnya menurut penjelasan Imam Qurthubi adalah karena dosa riba adalah satu-satunya dosa yang mendapatkan maklumat perang dari Allah sebagaimana dalam QS. al Baqarah [2]: 289. Sedangkan perang itu identik dengan pembunuhan. Sehingga seakan-akan Allah hendak mengatakan bahwa jika kalian tidak meninggalkan riba maka kalian akan kalah perang dan kalian akan terbunuh. Oleh karena itu Allah perintahkan kaum muslimin untuk meninggalkan riba yang masih dilakukan banyak orang saat itu (lihat J a m’ li A h k a m il Q u r’a n , 4/199)
Kemudian Allah t a’a l a berfirman, ‘B e r t a k w a l a h k a m u k e p a d a A ll a h’ yaitu terkait dengan harta riba dengan cara tidak memakannya.

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Perumahan Syariah Cilap Residence Suka Bumi

Rp.295.000.000
Jl. Pelabuan 2, km 9, Kec. Gunung Guruh, Desa kebon manggu, Sukabumi
Lt/Lb : 72 m² / 39 m²
Lihat Detail »
Promo
Jual Kavling Murah di Cibinong Bogor

Jual Kavling Murah di Cibinong Bogor

182.000.000
Pabuaran Cibinong Bogor
Lt/Lb : 65 m² / m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Taman Darussalam Di Kota Bogor

Perumahan Syariah Taman Darussalam Di Kota Bogor

Rp.229.409.300
Ciampea kab Bogor
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Perumahan Syariah Adnan Nabila Kota Depok

Rp. 885.392.000
Jl. Bhakti Abri Rt/Rw 05/09 Sukamaju Baru Tapos Depok
Lt/Lb : 73,6 m² / 60 m²
Lihat Detail »