Menu
0819-1313-1328

Ruku; Simbol Kerendahan Hati

3rd May 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Ruku; Simbol Kerendahan Hati

Detail Info Ruku; Simbol Kerendahan Hati

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Ruku; Simbol Kerendahan Hati

Ruku; Simbol Kerendahan Hati

Tidak semuanya sifat rendah itu dinilai buruk.Sebab ada sifat rendah yang justru menunjukkan keluhuran, yakni rendah hati. Ya, kerendahan hati adalah suatu kemulian yang menjadikan pelakunya memperoleh derajat dan apresiasi yang membababnggakan dari pihak lain. Sifat rendah hati bukan berari hatinya sudah terhalang untuk ikut simpatik atau empatik kepada yang lain, alias acuh tak acuh. Bukan demikian yang dimaksud.Melainkan maksudnya adalah suatu kondisi di mana seseorang dapat mengontrol hatinya dari emosi dan perasaan-perasaan buruk yang mengantarkannya kepada pengakuan yang berlebihan.Tepatnya cerminan dari sifat tawadhu’ alias tidak sombong atau angkuh.

Dalam mengungkapkan kerendahan hati, seseorang dapat menampilaknnya dengan sikap tahu diri, tidak ngotot dan lebih menghormati yang lebih tua atau yang lebih berpengalaman. Atau juga bisa ditampilkan dengan gesture tubuh seperti menundukkan kepala,berjalan pelan, atau membukkan badan. Ini adalah cara melahirkan kerendahan hati dalam sisi social atau berkaitan dengan sesama manusia.

Dalam kaitannya berinteraksi dengann Allah, juga sangat perlu menampilkan sikap kerendahan hati.Dan salah satu caranya tercermin dalam shalat tepatnya pada gerakan ruku.Ya, gerakan ruku yang disimbolkan dengan membukkukan punggung sejajar lurus antara kepala dengan pantat secara tersirat adalah isyarat kerendahan hati seorang hamba kepada Tuhannya. Mengapa bisa demikian?. Sebab, di dalam gerakan itu terdapat pengakuan bahwa hamba ini adalah lemah, rendah, dan sangat membutuhkan kepada majikan yang maha  kauasa, Allah. Hal ini layaknya seperti membungkuknya seorang abdi ndalematau prajuri t kepada rajanya.Tentu, maksud dari sikap tersebut sudah dapat dimenegerti yakni untuk menghormati dan sendiko dawuh kepada tuannya.

Lebih dari itu, dalam gerakan ruku ini juga memiliki pesan yang cukup mendalam. Yang di antaranya adalah:

Pertama, gerakan ruku yang dilakukan setalah takbiratul ihram (berdiri) mengisyaratkan bahwa dalam hidup ini seseoang tidak harus menampilkan dua kepribadain ganda, yakni berani dan tegas yang disimbolkan dengan gerakan takbiratul ihram dan tahu diri yang disimbolkan dengan ruku tersebut.melalui dua kepribadian ini, ia tidak akan dibilang ceroboh dan tidak pula dinilai diam di tempat atau berpangku tangan kepada yang lain. Di samping itu, kedua gerakan tersebut juga beramakna bahwa dalam persaingan hidup ini harus ada sportifitas. Yakni mau mengalah dan menerimakritik dari yang lain. Hal tersebut tergambar pada gerakan takbiratul ihram yang mengesankan bahwa seseorang pasti pernah menang dan sukses, dan gerakan ruku mengesankan bahwa seseorang juga harus lapadang dada bila kesuksesan tersbut gagal didapatnya.

Kedua, sejajarnya kepala dengan pantat mengisyaratkan bahwa otak yang sering kali kita banggga-banggakan dan sering kali kita turuti kemauannya, atau yang seringkali tak mau mengalah, maka kali ini a harus tunduk bahkan sejajar dengan pantat yang menyimbolkan suatu kelemahan dan kekurangan.Artinya, posisi tersesbut sebenarnya tengah mengajarkan si mushalli (orang yang shalat) untuk tidak terlalu mendewakan atau menuhankan akalnya.Karena hal itu justru membuatnya ssombong dan tersesat dalam jalan kehinaan.

Ketiga, memegangnya kedua telapak tangan pada kedua dengkul kaki menunjukkan pesan bahwa kerendahan hati itu harus disertai dengan rangkulan kehangatan atau kepedualian nyata kepada sesama. Dengan kata lain, ia tengah mengajarkan kepada kita bahwa otak yang dapat mengahsilkan karya dan banyak rezeki, semestinya dapat juga dirasakan oleh mereka yang tak punya ilmu dan hanya mengandalkan kekutan fisik belaka. Tepatnya kita dapat berbagi dari hasil kecerdasan otak tersebut, baik diungkapkan dengan sedekah,infak, mengajarkan atau bakt-bakti yang lain.

Demikianlah pesan yang tersirat dalam gerakan ruku.Semoga kita dapat merenungi dan menjalankannya sehingga kita terdidik menjadi manusia yang rendah hati secara pikiran dan rendah hati secara perilaku. Amin.[]

 

 

 

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Perumahan Syariah Bumi Asri Permai Bekasi Timur

Perumahan Syariah Bumi Asri Permai Bekasi Timur

Rp.795.000.000
Jl.Rudal Komplek Jaladha Pura samping Mall BTC (Bekasi Trade Centre) Bekasi Timur
Lt/Lb : 75 m² / 65 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Jatisari Village Kota Bekasi

Perumahan Syariah Jatisari Village Kota Bekasi

419.572.800
Jatisari Bekasi Kota
Lt/Lb : 63 m² / 38 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Taman Darussalam Di Kota Bogor

Perumahan Syariah Taman Darussalam Di Kota Bogor

Rp.229.409.300
Ciampea kab Bogor
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Sakinah Residence  Cibinong Kota Bogor

Perumahan Syariah Sakinah Residence Cibinong Kota Bogor

299.903.000
Pabuaran Cibinong Bogor
Lt/Lb : 45 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Promo
Perumahan Syariah Griya Radja Dekat Stasiun bogor

Perumahan Syariah Griya Radja Dekat Stasiun bogor

386 juta
Kel. Pasir Jaya Kec. Bogor Barat
Lt/Lb : 36 m² / 72 m²
Lihat Detail »