Menu
0819-1313-1328

Sang Gitaris Yang Menjemput Hijrah

3rd May 2019 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Sang Gitaris Yang Menjemput Hijrah

Detail Info Sang Gitaris Yang Menjemput Hijrah

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Mobil Sang Gitaris Yang Menjemput Hijrah

Sang Gitaris Yang Menjemput Hijrah

Berita mengejutkan kini datang dari dunia musisi Indonesia. Pasalnya, salah satu persolan band papan atas, Noah, yakni Uki telap memutuskan untuk berhijrah dan ingin lebih mendalami agama. Tidak sendirian, ia juga menggandeng istrinya, Metha Yunatria untuk bersama-sama membuka lembaran baru yang lebih islami. Sebagaimana dikutip dari kumparan.com (15/1/2019)..

Kabar tersebut cukup mengagetkan, sebab banyak yang menilai grup musik yang digawangi oleh Ariel Noah akan mengalami penurunan performa. Bahkan banyak yang mengkhawatirkan bila kemudian Uki juga memutuskan untuk keluar dari grup sebagaimana yang dilakukan drummer teman lamanya, Reza tahun 2015 yang lalu.

Sebenarnya, kejadian seperti ini tidak lah asing dalam dunia selebriti, seni maupun intertaiment. Kita bisa melihat banyak artis, musissi maupun selebriti yang menyatakan hijrah—sebagaimana dilansir Kumparan.com (8/6/2018)—- mulai dari Sakti Sheila on 7, Reza Peterpan, Andika Titans, Deri Sulaiman Betrayer, dan Invanka Slank serta masih banyak lagi. Dan yang perlu digarisbawahi di sini adalah bahwa hadirnya mereka untuk kembali mengenal Islam lebih sempurna, tentu suatu kebahagiaan dan mesti disambut dengan rasa syukur yang mendalam. Sehingga banyak masyarakat yang kemudian memberikan apresiasi dan dukungan mental kepada mereka supaya tetep Istiqomah di jalan yang telah ia pilih tersebut. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan untuk dicermati lebih serius;

Pertama, fenomena hijrah yang sekarang ini tengah ramai diperbincangkan, sebenarnya merupakan istilah semata. Sebab, menurut hemat penulis, ia tak ada bedanya dengan istilah taubat. Hanya saja, penggunaan kata hijrah dibandingkan taubat dinilai lebih halus dan lebih ramah. Yang jelas, esensi keduanya sama, yakni berubah dan kembali kepada jalan yang lebih baik dan maslahah.  Sehingga, apapun profesinya, jika ia sudah mantap berhijrah atau bertaubat harus kita dukung dan terus mendoakannya. Tidak perlu mencemoohnya atau merendahkannya.

Kedua, kunci utama dalam sebuah hijrah maupun pertaubatan adalah niat. Sebab, siapapun yang memutuskan berhijrah dengan niat yang tidak tepat, maka dikhawatirkan ia akan goyah di tengah jalan atau ia akan menyalahkan gunakan kehijrahannya untuk mencari simpatik atau meraup keuntungan duniawi. Oleh sebab itulah, niat yang benar adalah penentu langgengnya suatu tujuan dan keberkahan di dalamnya. Dalam hal ini Nabi bersabda:

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits).

Ketiga, fenomena artis yang hijrah adalah suatu yang sangat positif dan perlu kita apresiasi dengan sebaik-baiknya. Namun jangan lupa, hijrahnya mereka tidak serta merta dibiarkan begitu saja tanpa ada arahan atau bimbingan dari pihak yang tepat. Sebab, banyak dari mereka yang hijrahnya menggebu-gebu namun tidak dibarengi dengan kebijakan hati. Akibatnya timbul rasa paling benar, paling islami dan mudah merendahkan yang lain. Padahal dengan sangat jelas, Allah telah melarang untuk memperolok orang lain. Karena biasa jadi mereka itu lebih baik dari kita.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Al-Hujurat [49]: 11).

Keempat, selain dikhawatirkan kurangnya kebijaksanaan hati, orang yang baru hijrah juga rentan menjadi umpan terbaik untuk dikader sebagai pendakwah dari aliran garis keras radikal. Karena mereka masih awam dan mudah dipengaruhi dengan ide-ide atau iming-iming yang menggiurkan asalkan ia terballut dalam bingkai agama. Maka tidsk sedikit dari penghihrah tersebut, yang justru berubah tampilan menjadi sangat, keras, kaku dan ngotot. Pokoknya, segala hal (ibadah, ide, amalan) yang tidak sesuai dengan apa yang ia dapat atau lakukan, dianggapnya salah, bid’ah dan sesat. Oleh sebab itulah, selektif dalam memilih guru menjadi sebuah keniscayaan yang harus diperhatikan. Sehingga perlu merekomendasikan mereka supaya berguru pada ustad yang benar-benar mumpuni, yang mengayomi dan sangat bertoleransi. Bukan kepada ustad yang mudah menyalahkan, mengatakan bid’ah atau mengkafirkan yang lain. Dan bukan pula kepada You Tube karena yang terakhir ini adalah biang kerok dalam mempengaruhi seseorang menjadi dangkal ilmu, gagal paham, salah paham dan berakhir pada penyesatan. Oleh sebab itu, Allah berfirman;

“Maka bertanyalah kepada ahlinya yang mempuni . Jika memang kalian tidak mengetahui” (QS. al-Nahl[16]: 42).

Demikianlah sekelumit tentang hijrahnya seorang gitaris. Intinya, mereka saudara kita. Dan tekad mereka untuk berubah harus kita selalu doakan. Semoga tetep istiqomah dan terus mendapatkan ketenangan. Amin. []

 

 

Properti Lain Lokasi

Terbaik
Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

Perumahan Syariah Sabrina 3 Kota Bekasi Dekat Tol Setu

RP.279.000.000
bekasi dekta tol setu
Lt/Lb : 60 m² / 27 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Perumahan Syariah Nakhiil Bojong Gede Kota Bogor

Rp.630.000.000
bojong gede bogor
Lt/Lb : 60 m² / 54 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan KPR Syariah Bekasi Selatan  Arkanza 3 jatiasih

Perumahan KPR Syariah Bekasi Selatan Arkanza 3 jatiasih

RP.535.000.000
Bekasi Timur
Lt/Lb : 70.2 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Perumahan Syariah di Mekarsari Kota Bogor

Rp.375.000.000
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Lt/Lb : 60 m² / 36 m²
Lihat Detail »